Program Doktor

Pelaksanaan Program Studi S3 Kimia di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Riau berdasarkan pada SK. Meteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 118/KPT/1/2016 tanggal 10 Maret 2016. Penyelenggaraan program ini bertujuan untuk menghasilkan karya-karya inovattif kimia yang diperlukan untuk memajukan berbagai sector pembangunan di Indonesia.

VISI

Menjadi Program Studi S3 terkemuka di ASEAN dalam Pengembangan ilmu kimia serta produk-produk kimia dari sumber daya alam lokal Indonesia dna Regional ASEAN yang berkelanjutan dan ramah lingkungan pada tahun 2035

MISI

Menyelenggarakan Pendidikan Paskasarjana S3 yang menghasilkan tenaga peneliti akademik dan professional yang kompeten dalam bidang Kimia Organik, Biokimia dan Kimia Anorganik.
Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dalam bidang Kimia Organik, Biokimia dan Kimia Anorganik yang menitikberatkan pada kajian kimia, Pengembangan dan penciptaan produk-produk kimia dari bahan alam lokal Indonesia dan Regional ASEAN.

KONSENTRASI PENELITIAN

Kimia Organik

Dapat mengidentifikasi struktur, sifat kimia dan manfaat senyawa-senyawa organik bahan alam sehingga mampu menerapkan pengetahuan ilmu kimia organik pada berbagai penelitian yang menyangkut sintesis senyawa organik, penelitian senyawa bahan alam, atau mampu mengembangkan cara-cara analisis senyawa kimia organik dan lingkungan. Sesuai dengan target capaian di atas, maka kurikulum di bidang Kimia Organik difokuskan pada Kimia Organik Sintesis terutama berkaitan dengan Green Chemistry dan Kimia Organik Bahan Alam dengan mata kuliah Elusidasi Struktur dan Sintesis Material Organik. Materi perkuliahan selain bersumber dari literatur-literatur yang baku dan terpercaya, diperkaya pula dengan jurnal terkait  tentang penemuan-penemuan terbaru. Mahasiswa diberi tugas khusus untuk membahas kajian spesifik melalui jurnal tersebut. Melalui topik-topik perkuliahan ini dirangkai pula penelitian-penelitian yang digariskan menjadi suatu road map penelitian tentang senyawa organik bahan alam dan sintesis senyawa analog, hingga dihasilkan temuan-temuan baru yang diakui dan dapat diaplikasikan. Temuan penelitian ini ditulis sebagai sebuah disertasi, disamping artikel yang dipublikasikan pada skala nasional maupun internasional.

Biokimia

Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan biokimia menyangkut struktur fungsi komponen sel, metabolisme sel dan proses-proses kimia dan produksi material yang berkaitan dengan enzim, fermentasi, biotransformasi dan informasi genetik. Kurikulum S3 bidang biokimia membahas secara mendalam dengan pilihan mata kuliah: a) Biokimia, Biologi Molekuler dan Bioteknologi Fungi, b) Biologi Molekuler dan Fermentasi Enzim Industri dan Kesehatan, c) Biokimia Tanaman, d) Bioinformatika, melalui literatur baku dan terpercaya serta diperkaya dengan sumber pengetahuan dari jurnal terkait yang terkini. Pengayaan materi melalui jurnal merupakan tugas khusus wajib bagi mahasiswa. Topik-topik perkuliahan dijabarkan pula sebagai road map penelitian yang terfokus pada enzim-enzim industri, pertanian dan kesehatan dalam rangka memahami konsep rekayasa protein dan enzim serta biologi molekulernya. Suatu penelitian terstruktur dirancang, dikaji dan dibahas sehingga menghasilkan sebuah disertasi dan artikel ilmiah yang dipublikasi di lingkup nasional maupun internasional.

Kimia Fisik & Anorganik

Melalui pemahaman konsep energetika dan struktur, lulusan mampu menguasai konsep sintesis dan rekayasa material anorganik alam maupun sintetis sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, serta mampu menerapkan pengetahuan kimia anorganik untuk mendapatkan material canggih, penemuan sumber energi baru dan terbarukan. Program studi S3 bidang Kimia Anorganik menyajikan kurikulum yang membahas secara mendalam tentang Kimia Permukaan dan Katalisis, Sintesis Material, Kimia Nanomaterial, Struktur dan Spektra Senyawa Anorganik. Selain menggunakan sumber literatur terpercaya, setiap topik perkuliahan selalu membahas tentang perkembangan penelitian termutakhir melalui jurnal yang up to date berupa tugas khusus yang diwajibkan agar mahasiswa dapat lebih fokus memahami topik tertentu. Semua topik perkuliahan sudah dirangkai ke dalam road map penelitian yang fokus pada rekayasa material canggih baik yang berasal dari bahan alam maupun senyawa sintetis untuk menemukan sumber energi terbarukan dan penanganan limbah. Produk penelitian dibahas secara seksama dan ditulis ke dalam suatu disertasi dan dilaporkan sebagai artikel ilmiah untuk dipublikasikan secara terbuka, nasional maupun internasional.

rudi Administrator
Sorry! The Author has not filled his profile.
×
rudi Administrator
Sorry! The Author has not filled his profile.
Latest Posts